Penilaian Sekolah Sehat dari Tim Penilai Kota Denpasar

Lomba UKS Tingkat Kota Denpasar 2018

      Sesuai dengan keputusan Camat Denpasar Utara nomor 188.45/09/Denut/2018 tentang penunjukkan SMP Harapan Nusantara Denpasar sebagai lokasi Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di Kecamatan Denpasar Utara tahun 2018. Maka Panitia Kegiatan lomba UKS SMP HN melakukan persiapan – persiapan sesuai dengan kriteria yang dinilai. Tepatnya pada hari Kamis, 9 Agustus 2018, SMP HN dinilai oleh Tim Penilai Kesehatan Sekolah dari kota Denpasar.

       Pada kesempatan ini Tim Penilai UKS dari Kota Denpasar di pimpin oleh Ibu Sridati dari Dinas Kesehatan kota Denpasar,  hadir juga Camat Denpasar Utara, I Nyoman Lodra, SE, M.Si beserta jajarannya dari UPT Disdikpora, Prebekel dan kepala lingkungan Ubung Kaja. Tim pembina UKS dari Kecamatan dan Puskesmas II Denpasar Utara. Dari intern sekolah juga hadir Pembina dan Ketua pengurus Yayasan Pendidikan Harapan Nusantara beserta jajarannya.

       Adapun variabel yang dinilai yaitu : fisik sekolah (ruang kasek, ruang guru, ruang kelas dan proses belajar mengajar, perpustakaan dan laboratorium), ruang UKS (administrasi, organisasi dan manajemen serta pelayanan kesehatan di sekolah), halaman sekolah (pagar, kebuh, dan pengelolaan sampah), kantin, penyuluhan, kamar mandi/WC dan PMR, dan tempat ibadah. Untuk tim masing – masing penilai sudah didampingi oleh pendamping dari guru – guru dan staff SMP HN.

       Kepala SMP HN, Putu Ariyasa dalam sambutan dan pemaparan persiapan lomba kesehatan sekolah menyatakan sudah melaksanakan upaya – upaya perbaikan baik itu dari segi pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan, serta pembinaan kesehatan. Upaya yang sudah dilakukan diantaranya perluasan ruang UKS yang memenuhi standar pemenuhannya, memperbanyak tempat – tempat sampah di semua ruangan dan tempat strategis lainnya, melakukan penghijauan dengan penanaman tanaman dan toga, pemasangan wastafel di tempat strategis dijangkau siswa.

       Disamping itu SMP HN sudah menerapkan program pembiasaan untuk siswa yaitu yoga, senam, makan bersama, quite time, buang sampah pada tempatnya, menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Program ini dilaksanakan sebagai upaya untuk meningkatkan kesehatan siswa baik secara fisik dan mental, sehingga ini menjadi harapan kedepan untuk meningkatnya prestasi peserta didik di SMP Harapan Nusantara Denpasar.

       Camat Denpasar Utara, Nyoman Lodra menyatakan sangat kagum sekali dengan program sekolah dan harus diikuti oleh lembaga lain terutama program makan bersama, ini adalah program yang sangat bagus yang sudah diterapkan di SMP HN. Pada kesempatan itu juga Ketua tim penilai UKS, Ibu Sridati menyampaikan agar ditambahkan program penguatan psikis anak – anak remaja dalam menghadapi masa pencaharian jati diri. Diharapkan peran guru – guru untuk selalu mendampingi peserta didik agar tidak salah jalan.

Thu, 9 Aug 2018 @11:00


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Copyright © 2020 HN SCHOOL · All Rights Reserved
powered by sitekno