Guru dan OSIS SMP HN Berpartisipasi Dalam Grebeg Aksara 2012

            Dalam rangka memperingati Hari Puputan Badung 20 September 2012, SMP HN yang diwakili oleh para guru dan OSIS ikut berpartisifasi dalam gelar kreatifitas seni budaya yang bertajuk “Maha Bandana Prasadha” memaknai 106 Puputan Badung. Diawali prosesi “Grebeg Aksara”, acara parade peserta Grebek Aksara ini dimulai dari Balai Banjar Tainsiat menuju perempatan Catus Pata/Catur Muka dimana empat tokoh sentral diantaranya Wagub Bali A.A. Puspayoga, Walikota IB Rai D. Mantra, Wawali IGN Jaya Negara dan DPRD Kota Bima Wikrama membuka resmi acara ini ditandai dengan meniup sungu secara bersama-sama.
          Gelaran kreatifitas seni budaya yang bernuansa kesakralan dimulai dengan ritual ngelawang oleh empat sekeha ngelawang dari empat Kecamatan di Kota Denpasar baru kemudian dilanjutkan dengan prosesi Grebeg Aksara. Sebelumnya, Jro Bendesa Desa Pakraman Denpasar A.A.Oka Suweca,SH dihadapan Walikota dan para undangan melaporkan secara singkat kegiatan tersebut. Dikatakan, gelar kreatifitas seni budaya yang bertajuk “Maha Bandana Prasadha” yang didukung oleh ribuan seniman adalah satu upaya pembangkitan jiwa murni Bangsa mahawindu kebudayaan dasawarsa II abad ke-21 dengan spirit 106 Puputan Badung. Dimana pada intinya kegiatan ini adalah bertujuan memperkokoh seni dan budaya untuk memperkuat jati diri Bangsa menuju Denpasar Sebagai Kota sejati. Dengan agenda pokok seperti Parum Param yaitu seminar yang membedah sejarah dan hari jadi Kota Denpasar dan Grebeg Aksara sebuah gelar kreatifitas seni budaya dengan penonjolan Kota Pusaka serta jenis kegiatan lainnya yang tak kalah menarik seperti; pameran, lomba melukis, lomba nyurat aksara bali simbar, kaligrafi aksara bali , pementasan kesenian, kuliner hingga parada gong kebyar yang berlangsung selama sebulan setiap hari Kamis, Jumat, Sabtu dan Minggu mulai pukul 19.00 wita di Lapangan Puputan Badung I Gusti Ngurah Made Agung. Selain atraksi seni dan budaya, kegiatan kemarin juga diisi dengan Doa khusus para pendeta, pembacaan hasil Parum Param yang berisi 10 item keputusan, penandatanganan piagam Cakrawisnugranti serta hadirnya beberapa pusaka diantaranya kain-kain Negara Kertagama dan Pusat Mustikarajapusaka, keris Raja Badung Singa Paraga dan Topeng Pusaka Majapahit.

          Sedangkan perwakilan siswa juga ikut berpartisifasi dalam lomba nyurat aksara bali simbar dan kaligrafi aksara bali. Lomba nyurat aksara bali simbar diwakili oleh Ni Made Dwi Citra Rahayu dan Made Krismantara Putra Adi Taruna, sedangkan untuk lomba kaligrafi aksara bali diwakili oleh Ni Putu Desi Krisna Yanti dan Made Satya Wibuti Yana.

 

Fri, 21 Sep 2012 @11:16


2 Komentar
image

Mon, 1 Oct 2012 @11:28

i wayan sudiama

tunjukan prestasi mu ya anak-anak HN.. kita bisa..

image

Tue, 2 Oct 2012 @19:39

bagas dwipaguna

HN pasti BERJAYA terus.....!!!!!


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Copyright © 2020 HN SCHOOL · All Rights Reserved
powered by sitekno